BLOG Aryana

ImgBlogIngin membuat rumah harus setiap hari? simak tips nya di sini

Aryana Residence: Tips Membuat Rumah Harum Setiap Hari

Aryanaresidence.com, TangerangMemiliki rumah harum merupakan impian setiap ibu rumah tangga. Nah ada yang memasang peharum sintentis untuk membuat rumah harum, namun perlu diketahui bahwa pengharum sisntetis akan berbahaya jika terlalu sering Anda hirup. Bukankah Anda tidak ingin keluarga Anda terancam bahaya kesehatan karena peharum sintetis? Tidak perlu khawatir karena banyak bahan alami yang bisa membuat rumah harum.

Aryana Residence ingin membagikan tips membuat ruma tetap harum dengan cara alami. Banyak cara yang dapat digunakan untuk membuat rumah harum setiap hari. Bahan yang digunakan-pun cukup sederhana dan bisa didapatkan dengan mudah. 

Baca Juga: Tips Menata Ruang Tamu Sederhana A la Aryana Residence

Beberapa cara paling sederhana untuk membuat rumah harum adalah dengan membuat ventilasi udara agar udara di dalam rumah dapat bergerak leluasa. Pun untuk membuat ventilasi sangat mudah, Anda hanya perlu membuka jendela dan pintu untuk beberapa saat dan membiarkan udara saling bertukar.

Selain membuat ventilasi super sederhana, apa lagi yang dapat Anda lakukan untuk membuat rumah tetap harum? Simak selengkapnya di sini.

Memelihara Tanaman Pot di Dalam Rumah

Banyak manfaat yang bisa dipetik dengan memelihara tanaman di dalam rumah. Selain indah dan membuat rumah terasa manis, tanaman juga mampu membersihkan udara sehingga rumah akan tetap harum dan segar. Beberapa tanaman juga memiliki aroma yang mampu memperbaiki mood dan menjadikan Anda lebih rileks.

Nah, apa saja tanaman yang bisa Anda pelihara di dalam pot di rumah? Banyak sekali jenis tanaman yang bisa Anda pelihara diantaranya Geranium, Arabian Jasmine, Sedap Malam, eukaliptus, Gardenia, Anggrek dan Kuba Oregano. Jenis tanaman tersebut memiliki aroma khas yang bisa memperbaiki mood penghuni.

Daun Pandan Membuat Rumah Harum Sekaligus Mengusir Nyamuk

Sebagai sebuah negara tropis dengan iklim udara panas dan lembab, nyamuk merupakan hal yang paling sering Anda hadapai setiap hari di dalam rumah. Untuk membuat nyamuk tidak betah berada di dalam rumah, Anda bisa membuat rumah harum sepanjang hari. Daun pandan dapat Anda gunakan sebagai peharum alami rumah. Aroma daun pandan juga tidak disukai oleh nyamuk sehingga nyamuk akan pergi dari rumah Anda.

Untuk membuat peharum alami dari daun pandan Anda dapat menyiapkan sebuah mangkuk dan beberapa lembar daun pandan. Iris tipis daun pandan dan masukan ke dalam mangkuk. Simpan mangkuk tersebut di atas rak, closet, atau sudut ruangan. Tunggulah beberapa saat hingga aroma pandan menyebar ke seluruh ruangan.

Biji Kopi Juga Dapat Menjadi Peharum Alami

Kopi memang dikenal sebagai bahan penghilang bau tak sedap. Nah jika rumah Anda terkesan sumpek karena minim ventilasi, Anda dapat memanfaatkan biji kopi sebagai penyegar ruangan. Caranya sangat mudah, didihkanlah air kemudian masukan biji kopi yang telah digiling. Setelah itu, biarkan aroma didihan kopi menyebar ke seluruh penjuru ruangan. Anda juga dapat meletakan semangkuk biji kopi di sudut ruangan dan membiarkannya beberapa saat agar aromanya dapat menyebar. Namun ingat, Anda juga harus senantiasa membiarkan udara bergerak di dalam rumah dengan rutin membuka jendela agar suasana segar dan asri tetap terjaga.

Rebusan Kulit Jeruk dan Apel

Selain biji kopi dan daun pandan, rebusan kulit jeruk dan apel juga dapat dimanfaatkan sebagai peharum alami di dalam rumah. Dengan memanfaatkan rebusan kulit jeruk dan apel akan menghadirkan aroma buah-buahan yang segar di dalam rumah. Caranya sangat mudah, Anda cukup memotong kulit jeruk dan apel. Kemudian potongan kulit jeruk dan apel tersebut Anda jemur hingga kering. Kemudian kulit jeruk dan apel yang telah kering tersebut Anda masukan ke dalam panci, Anda dapat menambahkan beberapa butir cengkeh. Setelah mendidih, masukanlah ke dalam toples. Percikan air hasil rebusan tersebut dapat Anda manfaatkan sebagai peharum ruangan.

Menggunakan Dryer Sheets

Jika rumah Anda memiliki udara yang cenderung lembab, Anda dapat memanfaatkan dryer sheets. Kertas pengering ini biasanya ditemukan di dalam mesin cuci atau lemari untuk menyerap kelembaban yang bisa merusak kain. Nah, dryer sheets ternyata sangat efektif untuk menyerap kelembaban udara, oleh karena itu Anda dapat memasang dryer sheets di ruangan yang cenderung lembab seperti ruang dapur dekat kamar mandi.

Membersihkan Rumah Setiap Hari

Tips terakhir yang tak boleh Anda lupakan untuk membuat rumah harum setiap hari adalah dengan rajin membersihkan rumah. Rajinlah membersihkan rumah terutama pada bagian-bagian yang sulit di bersihkan seperti di sudut meja, kolong kursi, dan ranjang. Selain itu, Anda juga harus rajin membuang sampah yang menumpuk di tong sampah di dalam rumah. Dengan kondisi rumah yang senantiasa bersih, maka rumah Anda akan tetap segar dan harum.

Demikianlah tips yang bisa Anda gunakan untuk membuat rumah harum setiap hari. Aryana Residence merupakan perumahan yang mengedepankan aspek kesehatan penghuni sehingga setiap rumah di Aryana Residence memiliki ventilasi udara yang akan menjaga kesegaran udara di dalam rumah. (ADR).

ImgWaNow wa